Selasa, 25 Februari 2014

MARKET SENSITIVITY - Denny Bernardus

Salam Entrepreneur..
Pada kesempatan Entrepreneurship Ciputra Way kali ini, kita akan membahas sebuah karya original dari founder kita yaitu Bapak Ciputra. Sebuah puisi tujuh bait dengan judul Sang Entrepreneur. Demikian puisinya:

Ada yang melihat, namun tidak berpikir

Ada yang berpikir, namun tidak mengerti

Ada yang mengerti, namun tidak berkesan

Ada yang berkesan, namun tidak beraksi

Ada yang beraksi, namun tidak berentrepreneur

Ada yang berentrepreneur, namun tidak berhasil

Entrepreneur sejati, gagal 10 kali, namun bangkit 11 kali.
UC Onliners, puisi 7 bait Sang Entrepreneur memberikan pembelajaran kepada kita tentang bagaimana karakter Entrepreneur itu seharusnya dibangun. Ya, saya menyebut sebagai ”dibangun”, karena kami di Universitas Ciputra telah yakin bahwa karakter Entrepreneur tidak hanya mengenai sebuah bakat atau semata-mata karena lahir, namun karakter Entrepreneur lebih dikarenakan karena proses pembelajaran dan pelatihan. Pada empat bait pertama, kita dapat mendengarkan bahwa seorang Entrepreneur harus memiliki, pertamana passion yang kuat terhadap apa yang digeluti. Yang kedua, bait kedua, seorang entrepreneur juga harus mampu menciptakan peluang. Pada bait ketiga, kita belajar bahwa sang entrepreneur harus mampu untuk berpikir secara kreatif dan inovatif. Dari bait yang keempat, kita belajar bahwa hal-hal tersebut tidak berhenti pada sikap dan piker, tapi harus masuk pada pola aksi kita, pola tindak kita bahwa apa yang ada harus berani dilakukan aksi dengan segala perhitungan dan konsekuensinya. Pada bait lima, enam dan tujuh, kuta bisa belajar bahwa seorang entrepreneur harus membangun kemampuan entrepreneur leadership. Bagaimana dia mengarahkan diri maupun organisasi untuk tujuan entrepreneurialnya. Yang keenam, bagaimana seorang entrepreneur bersikap dalam menghadapi kegagalan. Kita semua tahu, bahwa untuk menjadi sukses, tidak mungkin prosesnya instan. Banyak histori kegagalan yang pasti seorang entrepreneur lalui. Jangan patah semangat. Jangan mudah menyerah. Dan yang terakhir bait ketujuh. Kita belajar bahwa dengan kegagalan atau kesuksesan yang tertunda, kita harus terus bertekun dan berusaha walau mengalami tantangan.
UC Onliners, sebuah contah nyata akan lebih mudah bagi kita untuk memahami puisi tujuh bait Sang Entrepreneur. Adalah Buana Perkasa Putra. Alumni mahasiswa Universitas Ciputra angkatan 2006 jurusan IBM (International Business Management). Saat ini dia mengelola bisnis dia Savecare, perusahaan minyak angin yang telah dua tahun berturut-turut meraih Top Brand. Dan omsetnya saat ini sudah mencapai puluhan miliyar. Pada awal cerita dia memulai bisnis minyak angin ini, dia melihat bagaimana perbedaan penggunann minyak angin dengan penggunaan deodorant. Kita lihat, untuk minyak angin tradisional harus dibuka, dituang, dan kemudian digosokan kepada badan yang membutuhkan. Hasilnya, tangan kita kotor. Penggunaaan deodorant sangat mudah. Hanya dibuka tutupnya dan dioleskan pada tempat yang kita butuhkan. Tidak membuat tangan kita kotor. Sangat nyaman. Kapan saja bisa dipakai. Buana melihat dan berpikir, bahwa hal ini memiliki perbedaan yang besar. Bagi Buana, dia melihat dan berpikir kalo menggunakan minyak angin, tangan akan kotor tetapi menggunakan deodorant, kita tidak akan kotor tangannya. Hal ini menimbulkan perbedaan besar bagi dia. Dia berkesan, dia melakukan kreativitas dan inovasi, maka dia menciptakan sesuatu produk yang baru kemasan roll on dengan ini minyak angin. Jika buana tidak melihat, tidak berpikir tidak mengerti, dan tidak berkesan. Pun dia tidak beraksi, maka mustahil saat ini buana menjadi seorang Entrepreneur yang sukses.
 UC Onliners, demikian bahasan Entrepreneurship Ciputra Way kali ini. Kita telah belajar dari puisi Sang Entrepreneur Pak Ciputra. Dan juga kisah sukses dari Buana Perkasa Putra. Semoga sesi ini memberikan inspirasi bagi UC Onliners untuk selalu melihat, untuk selalu berpikir, untuk selalu mengerti, untuk selalu berkesan dan beraksi.
Semoga bermanfaat.
Saya Denny Bernanrdus.
Salam Entrepreneur…

Sumber : Entrepreneurship Ciputra Way (Batch 2)
UCEO - Universitas Ciputra Entrepreneurship Online