Senin, 17 Maret 2014

INTRAPRENEUR BINTANG - Denny Bernardus

Halo, salam entrepreneur..
Dalam rangkaian training T100 kali ini, saya akan memberikan training kepada UC Onliner tentang Intrapreneur Bintang. UC Onliners, saya akan memulai dari sebuah buku kecil yang tentu yang UC Onliner telah mengenalnya. The Ciputra’s Way. Dalam prinsip nomor sembilan di halaman 136, Pak Ciputra menyampaikan bahwa seorang entrepreneur  yang sukses membangun dan bekerja lewat organisasinya dalam tahap apa pun bisnis Anda usahakan membangun organisasi.

UC Onliners, di antara UC Onliner mungkin saat ini sedang menghadapi masalah organisasi. Mungkin kekompakan tim, mungkin ada anggota organisasi yang tidak memberikan kontribusi seperti yang tidak diharapkan, mungkin ada anggota organisasi yang tidak puas dengan apa yang dia temukan saat ini. UC Onliner, itu adalah masalah biasa dalam organisasi. Melalui Intrapreneur Bintang, saya sharingkan sebuah standart perilaku bagi anggota organisasi dalam sebuah organisasi yang Intrapreneurial.

Sebelumnya, mari kita sama-sasma belajar dari sebuah wisdom yang dimiliki oleh rekan-rekan kita di ketentaraan. Untuk menjadi seorang tentara atau anggota pasukan yang berhasil, seorang tentara harus mempelajari tentang strategi perang. Dia harus mengerti tentang bagaimana memenangkan sebuah peperang. Artinya adalah harus belajar knowledge. Seorang anggota pasukan tidak hanya cukup belajar, tapi dia juga harus berlatih menembak dengan tepat, menembak dengan jitu. Jangan sampai yang dimaksud menembak kaki, yang kena kepalanya. Dia harus melatih dirinya untuk memiliki skill yang kuat. Seorang anggota pasukan yang sukses, yang berhasil, selain itu juga harus menempa dirinya melalui latihan baris-berbaris, melalui tata aturan yang disiplin di antara mereka. Adalah untuk menciptakan sebuah attitude behaviour yang disiplin bagi seorang anggota ketentaraan.

Yang keempat, seorang anggota pasukan harus memiliki sebuah mindset membela tanah air, membela negaranya, bukan sebaliknya dengan pengetahuan dengan skill dan attitudenya seorang menjadi teroris.

UC Onliner, intrapreneur adalah anggota organisasi usaha skala menengah atau besar yang berperilaku intrapreneurial. Hal ini saya sampaikan dalam studi disertasi saya dengan pemahaman bahwa seorang karyawan tidak sama dengan intrapreneur jikalau dibedakan dalam perilaku. Karyawan yang berperilaku intrapreneurial adalah intrapreneur. Namun sebaliknya karyawan yang tidak berperilaku intrapreneurial, dia adalah karyawan.

Intrapreneur bintang. Sebuah bintang terdiri dari dua segitiga. Demikian juga dengan intrapreneur bintang. Intrapreneur bintang terdiri dari dua segitiga yang mencerminkan sebuah sosok dan yang kedua adalah interaksi sosok tersebut dalam sebuah organisasi. Yang pertama tentang kualitas sosok intrapreneur bintang. Seorang intrapreneur bintang seharusnyalah memiliki pola pikir yang konstruktif. Pola pikir yang fokus pada hasil. Seorang intrapreneur bintang memiliki pola pikir yang memecahkan masalah-masalah organisasi. Dia juga berorientasi pemikiran jangka panjang.

Pada sudut yang kedua adalah intrapreneur dengan pola sikap positif. Sikap yang menyenangkan. Bagaimana keberadaaan dari intrapreneur itu dapat mewarnai organisasi menjadi gembira bukan sebaliknya menjadi takut. Seorang intrapreneur bintang juga hendaknya memiliki pola sikap yang terbuka, yang fleksibel, namun tetap bertanggung jawab. Pada sudut yang ketiga adalah pola tindak yang produktif. Pola tindak seorang intrapreneur bintang mencerminkan seorang sosok yang proaktif. Dia sosoknya cepat tanggap dalam bertindak. Dia juga seorang yang clean dan clear.

UC Onliner, kita masuk ke segitiga intrapreneur bintang yang kedua yaitu interaksi intrapreneur bintang dengan organisasinya. Sudut yang pertama adalah menjadi lawan bicara. Bagaimana seorang intrapreneur bintang secara aktif dan konstruktif terlibat menyumbangkan pemikiran untuk mencapai tujuan bersama. Pada sudut yang kedua, Seorang intrapreneur bintang menjadi teman berpikir bahwa sikap positif seperti apa yang diperlukan untuk menerima atau sebaliknya menyampaikan ide atau gagasan guna mencari solusi bersama. Pada sudut yang ketiga, intrapreneur bintang menjadi mitra bertindak. Tindakan produktif bersama apa yang dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan organisasi? Secara keseluruah, seorang intrapreneur bintang menjadi memiliki sosok pola pikir yang konstruktif, pola sikap yang positif, pola tindak yang produktif. Dalam interaksinya, seorang intrapreneur bintang menjadi teman berpikir, menjadi lawan bicara dan menjadi mitra bertindak. Semoga sharing saya tentang intrapreneur bintang ini bermanfaat bagi UC Onliner yang sedang bergelut membangun organisasi. Saya Denny Bernardus, salam entrepreneur.. 

Sumber:T100
UCEO - Universitas Ciputra Entrepreneurship Online