Senin, 17 Maret 2014

MENGIDENTIFIKASI PELUANG DARI PELANGGAN UNTUK BERTUMBUH (Bag. 3) - Antonius Tanan

Salam entrepreneur UC Onliner. Kita sudah mendengar cerita tentang Joko yang bisa mengidentifikasi peluang dari masalah-masalah. Sekarang kita masuk ke bagian berikut, yaitu bagaimana Joko mengembangkan kreativitas dan inovasi sehingga dia menghasilkan produk dan layanan baru yang juga inovatif. Apa itu Takutiruko? Takutiruko adalah sebuah metoda bantu untuk membantu kita bisa mengahasilkan ide lebih banyak sehingga kita menjadi lebih kreatif. Takutiruko, Ta adalah tambah, Ku adalah kurang, Ti – Tiru, Ubah, dan Kombinasi. Jadi kita berusaha memancing gagasan-gagasan lebih banyak.

Sebagai contoh, Ta – Tambah. Joko berpikir, apa ya yang bisa ditambahkan di bisnis dia sekarang? Misalnya untuk paket nasinya dia. Ukuran nasinya tentu bisa ditambahkan. Ukuran daging, sayur, diskon juga bisa ditambah, pilihan menu juga bisa ditambah. Nah, Joko coba berpikir apa-apa saja yang bisa ditambah? Karena dia berpikir ini muncul gagasan. Kenapa tidak membuat paket nasi jumbo? Yaitu satu paket dengan jumlah nasinya satu setengah kali. Dan kemudian juga dia berpikir, “Wah, perlu ditambah menu baru yaitu tentang minuman, sebuah minum-minum teh atau kopi yang baru yang belum ada.

Sekarang Joko menggunakan kata kurang dari Ku. Apa yang bisa dikurangkan? Ukuran nasi juga bisa dikurangkan, ukuran daging juga bisa dikurangkan, sayur juga, kepedasan juga bisa dikurangkan, pilihan menu dibuat lebih sederhana, dikurangkan. Karena Joko berpikir mengurangi-mengurangi, muncul gagasan. Paket langsing, yaitu paket untuk wanita atau ibu-ibu yang ingin punya berat badan lebih kurang. Keluar paket langsing.

Kemudian Ti atau tiru. Joko berpikir dia bisa meniru dari perusahaan sukses mana saja. Dia terpikir KFC dan MC Donald. Salah satu hal yang dia ingin tiru adalah pesanan via telepon. Dia baru sadar, dia tidak pernah memberi tahu nomor teleponnya kepada pelanggan, padahal pelanggan bisa memesan. Sehingga dia mengatakan, “Nanti akan saya pasang nomor telepon di depan supaya pelanggan tahu”.

Kemudian U – Ubah. Apa yang bisa diubahkan? Joko teringat bahwa tampilan kiosnya agak kumuh sehingga dia berpikir untuk mengubah tampilan kios, tampilan penataan makanan, supaya lebih menarik dan lebih kreatif tentunya.

Yang terakhir, kombinasi. Dari empat di atas, kalau dikombinasikan kira-kira muncul gagasan apa? Untuk Joko, yang muncul adalah gagasan, setiap minggu ada pengumuman tentang paket istimewa. Rupanya dia sekarang bertekad untuk menghasilkan satu paket istimewa setiap hari minggunya.

UC Onliner, itulah suatu contoh bagaimana kita mendapatkan gagasan lebih banyak dengan menggunkakan Takutiruko. Baik, ini sebuah visualisasi sederhana tentang kantin karyawan Seroja kalau Anda ingin membayangkannya. Ya, ini tentu tidak sesungguhnya. Ini hanyalah sebuah gambar yang membantu kita untuk bisa membayangkan. Mari kita lanjutkan cerita tentang Joko.

Joko sekarang sudah mendapatkan berbagai solusi yang dia pikir ini cukup inovatif. Dan Joko akhirnya memutuskan untuk fokus pada menu khas pantai selatan. Dia sekarang ketemu dengan sesuatu yang dia bisa tonjolkan. Ia melihat ini sebagai sebuah keunikan dan selain itu, sekarang dia sudah kenal komunitasnya. Dia sudah mendapatkan calon pelanggan yang fanatik. Untuk lebih memantapkan strateginya, warungnya dia, kiosnya dia yang tadinya namanya Warung Selera, diubah sekarang menjadi warung Selera Pansel, atau Warung Selera Pantai Selatan. Dan dia berpikir ada empat produk unggulannya, yaitu nasi jumbo pasel, nasi langsing pansel, teh pansel, dan kopi pansel. Joko sudah menyelesaikan bagian yang solusi yang inovatif.

UC Onliner, harapan kami, Anda semua bersama-sama sudah belajar tentang bagaimana caranya mendaratkan kalimat pak Ciputra yang mengatakan, “Pelanggan adalah sumber informasi, inspirasi, dan inovasi”. Bagaimana dari pelanggan kita memperoleh informasi, dan kemudian menjadi inspirasi, dan kemudian kita berinovasi. Dan dengan cara itu kita menumbuhkan usaha kita. Kami berharap Anda terus mengembangkan usaha Anda, dan Anda menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan Indonesia yang menciptakan lapangan kerja, dan ikut serta memakmurkan negeri. Terimakasih atas perhatian Anda. Salam entrepreneur..

Sumber: T100
UCEO - Universitas Ciputra Entrepreneurship Online